Empat Calon Untuk Riau 1



Sebanyak empat pasangan bakal calon Gubernur Riau yang akan bertarung pada Pemilihan Kepala Daerah Riau 2018, yang akan menjadi orang nomor satu untuk mengatur 12 Kabupaten Kota, agar lebih aman, maju dan sejahtera.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menutup pendaftaran kepala daerah yang maju di pemilihan kepala Daerah Tahun 2018 yang berada di 17 Provinsi. Ada 116 pasangan calon gubernur dan wagub yang sudah mendaftar sejak dibuka pada 8-10 Januari.

Setelah itu KPU akan mengumumkan penetapan para pasangan calon kepala daerah pada tanggal 12 Februari. Pada 13 Februari KPU akan melakukan pengundian nomor urut pasangan calon kepala daerah. 

Sebelum pemilihan dimulai KPU akan memberikan kesempatan bagi pasangan calon untuk melaksanakan kampanye pada 15 Februari hingga 26 Juni. Kemudian, pada 27 Juni dilakukan pemungutan dan penghitungan suara di TPS masing-masing. 
Setelah masa pendaftaran resmi ditutup, KPU merilis daftar nama cagub dan cawagub pada situs resmi KPU.
Untuk wilayah Riau nama-nama pasangan calon gubernur dan wagub adalah :



1. Firdaus - Rusli Effendi, (diusung PPP dan Demokrat).
2. Syamsuar - Edy Nasution, (diusung PKS, Nasdem, dan PAN).
3. Arsyadjuliandi Rahman - Suyatno, (diusung Hanura, PDIP, dan Golkar).
4. Muhamad Lukman Edy - Hardianto, (diusung PKB dan Gerindra).

Paslon yang pertama yaitu, Firdaus, ST. MT (Wali Kota Pekanbaru) dan Rusli Effendi. SE, SPdi, Msi Diusung Partai PPP dan  Partai Demokrat (Jumlah Kursi suara 7 suara dan PPP 5 suara).

Selanjutnya paslon Syamsuar (Bupati Siak) dan Brigjen Edy Natar Nasution (Komandan Korem 031 Wira Bima Riau). Pasangan ini diusung PAN (7 kursi), NasDem (3 kursi), dan PKS (3 kursi).

Paslon yang ketiga adalah Arsyadjuliandi Rachman (Gubernur Riau) yang berpasangan dengan Suyatno (Bupati Rohil). Keduanya mendapat dukungan politik dari Golkar (14 kursi), PDIP (9 kursi), dan Hanura (2 kursi).

Paslon Selanjutnya yang ke empat yaitu Muhamad Lukman Edy (Sekretaris Jenderal (Sekjend) DPP PKB dan mantan Menteri PDT) - Hardianto (Didukung oleh Partai PKB dan Partai Gerindra)

Untuk diketahui, anggota DPRD Riau 2014-2019 sejumlah 65 kursi. Terdiri dari Golkar 14, PDI Perjuangan 9, Partai Demokrat 9, PAN 7, Gerindra 7, PKB 6, NasDem 3, PKS 3, dan Hanura 2.maka jumlah kursi cukup kepada empat pasangan calon yang telah disebut diatas.

By: Bambang Sutejo (Orbit Riau)

Comments

Post a Comment