Tarikh Islam Untuk MDTA Kelas I



RESUME PELAJARAN TARIKH ISLAM
KELAS I  
BAB  I
SEJARAH  PARA  NABI  dan  RASUL
1.   Pengertian Nabi dan Rasul
Nabi artinya manusia pilihan yang mendapatkan wahyu dari Allah dan tidak wajib untuk menyampaikan kepada umatnya. sedangkan Rasul artinya manusia pilihan yang mendapatkan wahyu dari Allah dan diwajibkan untuk menyampaikan kepada umatnya.   Jumlah Nabi lebih banyak daripada jumlah Rasul. Jika Nabi belum tentu Rasul, tetapi Rasul sudah pasti Nabi.

Dalam satu riwayat disebutkan jumlah Nabi yang mendapatkan wahyu sebanyak 124.000 Nabi, dan jumlah Rasul sebanyak 313 Rasul. Dari jumlah semua itu yang wajib diimani dan diketahui ada 25 Rasul.

Tugas Nabi dan Rasul adalah menyampaikan kabar gembira bagi yang patuh dan taat kepada aturan Allah dan Rasul, juga menyampaikan kabar buruk bagi yang melanggar dan tidak patuh pada aturan dan ajaran Allah dan Rasulnya.
Rasul menyampaikan wahyu Allah kepada umatnya, yang terdiri dari tiga ajaran pokok yaitu :
-        Iman yaitu Akidah adalah suatu tuntunan bahwa Allah adalah Tuhan Yang Maha Esa, tidak ada Tuhan selain Allah, tidak boleh menyekutukanNYA dengan apapun.
-        Islam yaitu Syari’at adalah aturan yang disampaikan untuk dipatuhi berupa anjuran dan larangan.
-        Ihsan yaitu Akhlak adalah aturan-aturan tentang kebaikan-kebaikan yang harus dimiliki dan dijalankan sebagai manusia makhluk yang paling mulia.

2.      Nama-nama Nabi dan Rasul
A.    Nabi Adam As
Nabi Adam adalah Nabi dan Rasul pertama dan manusia pertama yang diciptakan Allah dari tanah liat, kemudian dari tulang rusuknya Allah menciptakan Siti Hawa untuk menjadi teman dan istrinya juga menjadi ibu dari semua manusia yang ada dimuka bumi. Nabi Adam ditempatkan disurga dengan segala kemewahan, keindahan, kenyamanan, kesempurnaan, dan pesona, Namun yang dirasakan Adam adalah kesepian, karena beliau hanya sendiri. Maka Allah menciptakan seoarang manusia yang berjenis kelamin wanita untuk menemani Adam dan Adam memberi nama Hawa yang artinya adalah orang yang kurindukan, maka Allah menikahkan keduanya dengan saksi para malaikat.

Adam dan Hawa menetap disurga untuk menikmati segala isinya, kecuali Allah melarang keduanya untuk mendekati  pohon yang bernama Pohon Khuldi.

Setelah Nabi Adam dan Siti Hawa tinggal dibumi, Allah mengaruniakan 4 orang anak kembar yaitu Qobil dan Iqlima, Habil dan Labuda. Setelah mereka dewasa Nabi Adam mendapat petunjuk dari Allah untuk menikahkan Qobil dengan Labuda dan Habil dengan Iqlima.Akan tetapi yang dilakukan oleh Qobil adalah menolaknya karena paras Labuda tidak secantik paras Iqlima, maka Nabi Adam menyerahkan persolannya kepada Allah Swt, dan Allah memberi petunjuk kepada Nabi Adam untuk kedua anaknya melakukan kurban dari apa yang dimiliki dan disayanginya. Maka Habil berkurban kambing yang terbaik karena Habil adalah pemilik peternakan,sedangkan Qobil pemilik tanaman,akan tetapi yang dilakukan Qobil hanyalah mengurbankan tanaman yang tidak bagus, sehingga kurban Habil yang diterima oleh Allah Swt.

Qobil merasa tidak puas dengan kejadian tersebut, sehingga ia berkeinginan untuk membunuh Habil.Maka dibunuhlah Habil oleh Qobil karena didorong oleh nafsunya. Itulah pembunuhan pertama dalam sejarah manusia.

B.    Nabi  Idris As
Nabi Idris adalah keturunan Nabi Adam yang ke 6, beliau diutus oleh Allah untuk meluruskan kembali keturunan Qobil yang melenceng jauh dari ajaran Allah Swt. Nabi Idris adalah Nabi pertama yang mendapatkan wahyu lewat Malaikat Jibril. Beliau juga adalah orang yang pertama bisa membaca dan menulis , juga orang yang pertama mempratekkan menjahit pakaian, pandai menunggang kuda, juga menguasai ilmu astronomi atau ilmu perbintangan untuk mengetahui musim. Beliau diberi julukan Assadul Usad yang artinya singa, karena beliau pemberani dan tidak pernah berputus asa dalam melaksanakan tugasnya sebagai nabi  dan rasul.

C.    Nabi Nuh As
Nabi Nuh adalah keturunan Nabi Adam yang ke 9. Ayahnya bernama  Lamik bin Motusyalih. Beberapa abad sepeninggal Nabi Idris, kaumnya memiliki pemuka yang dianggap sebagai pemuka dan pimpinan mereka, dan ketika pemuka itu wafat mereka membuatkan patung sebagai pengingat akan jasa-jasanya, akan tetapi lambat laun ternyata berbeda dari tujuan awal karena patung-patung itu disembah dan dianggap sebagai tuhan mereka dan melupakan ajaran nabi Idris yaitu ajaran Allah Swt. Dan Nabi Nuh berada ditengah-tengah mereka ketika dalam kekosongan tidak ada Nabi dan Rasul masa itu disebut Fatrah.

Allah memberi anugerah kepada Nabi Nuh sebagai Nabiullah yaitu fasih dan tegas dalam berbicara, bijaksana dalam memimpin, sabar serta santun dalam menghadapi kaumnya.

Anugrah Allah lainnya berupa Kapal besar yang allah perintahkan untuk membuatnya sehingga dapat membawa kaumnnya dari banjir besar.

D.    Nabi  Hud  As
      Nabi Hud adalah Nabi yang diutus pada penduduk/kaum Ad. Bangsa Ad adalah bangsa yang dianugerahi Allah dengan fisik yang kuat dan baik, keadaan daerah yang subur. Anugerah alam yang subur membuat kaum Ad terlena dan membuat mereka menjadi sombong karena mereka merasa bahwa apa yang mereka miliki dan mereka rasakan adalah kerja mereka.Mereka ingkar terhadap Allah Tuhan yang memberikan segala kenikmatan. Nabi Hud tidak bosan-bosannya memperingatkan mereka untuk kembali ke jalan yang benar,dengan meninggalkan sesembahan mereka yang bernama Shoda, shamud, dan Hara. Akan tetapi mereka ingkar, menolak ajakan Nabi Hud yang memperingatkan mereka dengan kejadian-kejadian yang menimpa kaum Nabi-nabi sebelumnya, sampai Nabi Hud pun dianggap gila.
                    Maka Allah menepati janji dengan menurunkan azab yang pedih dalam dua tahap yaitu:
a.    Allah menahan hujan, maka terjadilah kekeringan selama 3 tahun, membuat mereka menderita kelaparan dan kesakitan. Nabi Hud tetap memperingatkan mereka untuk bertaubat akan tetapi tetap tidak dihiraukan.
b.    Turun siksaan berupa angin yang tak henti-henti selama 7 malam 8 hari. Dan akhirnya mereka berterbangan dan bergelimpangan seperti pohon kurma yang terbawa angin. Musnahlah kaum Ad beserta kebesaran dan harta kekayaannya. “ ingatlah, kaum Ad itu ingkar kepada Tuhan mereka. Sungguh binasalah kaum Ad, umat Nabi Hud itu.’’

 E.      Nabi Sholeh As
Nabi Sholeh adalah nabi yang diutus Allah untuk menuntun kaum Tsamud. Beliau adalah putra Ubaid bin Atsif, keturunan dari Sam bin Nuh. Nama Tsamud berasal dari nama seseorang yang bernama Tsamud bin Amir dan kaum Tsamud berasal dari suku Aribah yang bersalah dari kaum Ad.

Kaum Tsamud bukan saja ingkar kepada Allah tetapi juga mereka tidak mempercayai apa yang dianjurkan dan diperingatkan oleh Nabi Sholeh membuktikan kenabiannya dengan Mu’jizat, maka Allah memberi bukti dengan keluarnya seekor unta yang sedang hamil dari sebuah batu yang amat keras. Namun apa yang terjadi mereka tetap ingkar atas apa yang disampaikan olen Nabi Sholeh, hingga mereka menantangnya, maka disembelihlah unta mu;jizat itu oleh kaum Tsamud mereka meminta bukti ancaman itu dengan congkaknya. Maka karena kesombongan dan keangkuhan mereka Allah membuktikan Azabnya dengan menimpakan mereka gempa yang amat dahsyat sebagai balasan permintaan pembuktian ancaman karena mereka ingkar dan sombong,sampai mereka mati bergelimpangan.
 Nabi Sholeh wafat dalam kedamaian dimakamkan diwilayah Rimlah yaitu daerah Palestina.

F.    Nabi  Ibrahim As
Nabi Ibrahim As adalah putra Azar pembuat patung. Ia dilahirkan di Babilonia pada masa kekuasaan Raja Namrud bin Kan’an yang memiliki kekuasaan yang sangat besar penyembah berhala.
                 
Nabi Ibrahim termasuk ke dalam rasul yang diberi gelar ULUL AZMI karena Allah memberikan ujian dan cobaan yang besar dan dilalui dengan sabar dan tabah. Nabi Ibrahim adalah seorang yang sangat lemah lembut, tak pernah mengucapkan kata-kata kasar dan tak pernah menyakitkan hati orang lain. Adapun mu’jizat Nabi Ibrahim yaitu tak mempan dibakar api. Pada saat itu Nabi Ibrahim berupaya menghancurkan semua berhala yang disembah oleh rakyat Namrud, Raja Namrud sangat murka ketika ia tahu semua berhalanya hancur berkeping-keping. Raja memerintahkan rakyatnya mengumpulkan kayu bakar sebanyak-banyaknya untuk membakar Nabi Ibrahim. Dibakarlah Nabi Ibrahim, akan tetapi Allah Maha Kuasa, api yang menyala tidak terasa panas, dan tidak dapat membakar Nabi Ibrahim. Ketika api telah padam  rakyat merasa heran melihat Nabi Ibrahim dalam keadaan selamat dan utuh tidak kurang suatu apapun.
G.    Nabi  Luth As.
               Nabi Luth adalah keponakan dari Nabi Ibrahim As. Beliau adalah nabi dan rasul yang mulia. Beliau berdakwah sejaman dengan Nabi Ibrahim dan yang disampaikannya adalah ajarannya Nabi Ibrahim. Beliau diutus untuk menyampaikan ajarannya pada penduduk Sodom. Sodom adalah suatu daerah yang berada di Yordania, tempat tersebut menjadi tempat maksiat dimana terjadi perjudian, perzinahan, lesbi dan homoseksual( menyukai sesama jenis ). Nabi Luth ditugaskan untuk menyadarkan mereka dari perbuatan yang menyesatkan itu.
              Kaum Nabi Luth tidak menghiraukan apa yang diserukan, mereka bahkan membangkang dari peringatan yang diserukan oleh Nabi Luth, termasuk istrinya Nabi Luth pun tak beriman. Allah mengazab kaum Sodom dengan siksaan yang perih yaitu berupa gempa bumi yang dahsyat dibarengi dengan hujan petir dan hujan batu yang panas membara. Allah membalikkan tanah yang berada didalam membalik berada diatas begitupun sebaliknya.
             Daerah yang terkena azab tersebut sekarang berubah menjadi danau yang disebut dengan Laut Mati atau Danau Luth. Di danau tersebut kadar garamnya sangat tinggi hingga apaun yang berada diatasnya tidak tenggelam.

H.    Nabi  Ismail As
               Nabi Ismail adalah putera dari Nabi Ibrahim As.dengan istrinya yang kedua yang bernama Siti Hajar. Ketika Ismail masih kecil, Nabi Ibrahim di uji oleh Allah. Beliau harus berpisah dengan istri dan anak yang paling dikasihinya. Nabi Ibrahim membawa istri dan anaknya ke kota Makkah. Nabi Ismail kecil beserta Hajar Ibunya ditinggalkan disebuah gubuk kecil dengan bekal seadanya yang telah dipersiapkan oleh Nabi Ibrahim. Mereka tinggal di tempat yang kering dan tandus dan jauh dari kehidupan masyarakat. Tempat ini nantinya akan dibangun Ka’bah Baitullah.
                Pada saat itu Ismail kecil terus menangis sambil menghentakkan kakinya ke tanah. Keajaiban Allah terjadi. Dari hentakan kaki Ismail tersemburlah sumber mata air yang jernih. Siti Hajar segera meminumnya dan memberi Ismail minum hingga kenyang. Sumber mata air tersebut sekarang dikenal dengan nama Mata Air Zam-Zam yang tidak akan pernah habis walaupun telah berjuta-juta orang meminumnya.
              Sebagai Nabi dan Rasul mimpi yang dialaminya adalah sebuah perintah dari Allah. Pada suatu pagi yang cerah Nabi Ibrahim berangkat menuju tempat tinggal anak dan istrinya yang ternyata sudah berubah menjadi sebuah perkampungan yang ramai.Bertemulah Nabi Ibrahim dengan istri dan anaknya yang sudah besar dan tampan.Di lain hari Nabi Ibrahim memanggil Ismail disebuah bukit untuk menyampaikan mimipinya. Dengan tegas dan penuh keyakinan Nabi Ismail menjawab dan menyuruh ayahnya untuk malaksanakan perintah Allah.
               Berbaringlah Nabi Ismail dengan muka telungkup agar tidak terlihat wajahnya oleh ayahnya. Mulailah Nabi Ibrahim dengan hati yang tegang tetapi iman yang kuat meletakkan pisaunya di leher Ismail. Karena ketaatan yang dimiliki Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, maka Allah menunjukkan keajaibannya dengan menggantikan Ismail dengan seekor domba yang baik untuk disembelih. Peristiwa tersebut dijadikan sebagai dasar disyari’atkannya kurban dihari raya Idul Adha.

I.    Nabi Ishaq As
               Nabi Ishaq adalah seorang nabi yang dilahirkan oleh Siti Sarah istri dari Nabi Ibrahim dalam kondisi usia yang sangat tua. Nabi Ishaq sangat disukai oleh kaumnya karena beliau berdakwah dengan keramahan dan kesabaran.Nabi Ishaq dalam mengarungi kehudupannya diwarnai dengan kebahagiaan dan kemakmuran serta kedamaian yang terjalin antar sesama.
J.    Nabi  Ya’qub As
             Nabi Ya’qub adalah bapak dari 12 suku Bani Israil, beliau memiliki 4 istri dan dari keempat istrinya beliau memiliki putra,diantaranya :
·         Dari istrinya yang bernama layan memiliki putra-putra bernama : Ruben,Syamun,Levi,Yahuda,Yasakir,dan Zabulon.
·         Dari istrinya yang bernama Rachel memiliki putra yang bernama Yusuf dan Benyamin.
·         Dari istrinya yang bernama Laban memiliki putra bernama Daan dan Naftali.
·         Dari istrinya yang bernama Zulfa memiliki putra yang bernama Jaad dan Asyir.
K.  Nabi  Yusuf  As
              Nabi Yusuf adalah Nabi yang memiliki kesempurnaan tubuh dan wajahnya, dan memiliki mu’jizat yang diberikan oleh Allah berupa dapat menakwilkan mimpi.
L.  Nabi  Ayyub  As
               Nabi Ayyub adalah seorang Nabi dan Rasul yang memiliki ketabahan yang luar biasa. Ketabahan dan Kesabaran yang luar biasa itu merupakan mu’jizat dari Allah yang diberikan kepada Nabi Ayyub. Ujian Allah terhadap Nabi Ayyub berupa penyakit yang menjijikkan dan bisa menular, harta dan kekayaannya musnah,wafatnya beberapa putra putrinya,tetapi semua ujian tersebut beliau hadapi dengan sabar ,tabah, dan ikhlas serta tawakal kepada Allah Swt. Semua itu tidak membuat luntur imannya,melainkan semakin tebal iman dihatinya.
M.   Nabi  Syu;aib  As
               Nabi Syu’aib adalah seorang nabi yang diutus pada penduduk Madyan yang diberi gelar kaum “ Ashabul Aikah ’’ penduduk Madyan selalu berbuat curang dalam menakar dan menimbang. Penduduk Madyan memiliki matapencaharian bercocok tanam, tanahnya subur dan lebat buahnya. Sehingga penduduk Madyan hidupnya mewah dan diwarnai kesenangan yang menyebabkan mereka ingkar dan lupa diri.
              untuk membuktikan kenabian Nabi Syu’aib, Allah menurunkan hawa panas yang mampu mengeringkan sumber-sumber air. Kemudian mereka kelabakan karena kepanasan dan kekeringan. Setelah menurunkan panas,kemudian Allah menjalankan awan yang memberikan harapan kepada mereka yaitu hujan, akan tetapi hujan turun dengan deras disertai dengan petir yang menyambar mereka sehingga mereka terpanggang.
N.  Nabi  Musa As
              Nabi Musa dilahirkan diMesir. Saat itu negerinya dikuasai raja yang lalim dan semena-mena. Raja itu bernama Al-Walid bin Mush’ab dan bergelar Fir’aun. Fir’aun adalah manusia yang lalim dan sombong, karena kekuasaannya ia mengaku dirinya tuhan dan mewajibkan seluruh penduduknya menyembahnya.
             Adapun peristiwa yang dialami Nabi Musa ketika beliau ditantang oleh Raja Fir’aun, untuk mengalahkan ahli sihir andalannya. Dengan tenang dan berbekal iman yang kuat Nabi Musa menghadapinya. Ketika itu ahli sihir melemparkan sebuah tambang dan tambang tersebut berubah menjadi ular kecil yang sangat banyak dan ular-ular itu hendak memangsa Nabi Musa, dan pada saat itu Allah memerintah Nabi Musa untuk melempar tongkatnya dan seketika tongkatnya berubah menjadi ular raksasa yang memakan semua ular-ular milik ahli sihir.
            Nabi Musa merasa sudah tidak aman lagi sehingga beliau dan pengikutnya hendak hijrah ke Palestina,rencana tersebut diketahiu oleh Fir’aun dan akhirnya Fir’aun beserta pasukannya mengejar Nabi Musa dan pengikutnya. Terjadilah pengejaran yang sangat menegangkan,sampai ditepi Laut Merah Nabi Musa dan pengikutnya hampir berputus asa. Allah memerintahkan Nabi Musa untuk melemparkan tongkatnya ke laut dan sangat menakjubkan dengan seketika laut terbelah dua dan membuat jalan yang bisa dilalui oleh Nabi Musa dan pengikutnya. Pada saat itulah Fir’aun dan pasukannya tidak dapat mengejar Nabi Musa karena tenggelam ditengan laut.
O.  Nabi  Harun As
              Nabi Harun adalah saudara dari Nabi Musa yang berdakwah bersama dengan Nabi Musa, diuji oleh Allah dengan munculnya Samiri yang membawa patung anak sapi yang disembah oleh kaum Bani Israil.
P.  Nabi  Dzulkifli As
              Nabi Dzulkifli adalah putra dari Nabi Ayyub yang dianugerahi Allah selalu melakukan hal yang baik dan benar.
Q.  Nabi  Daud As
               Nabi Daud adalah Nabi juga seorang raja  yang bijaksana dan dianugerahi Allah berupa suara yang merdu dan kekuatannya untuk dapat meluluhkan besi dengan menggunakan tangan.Allah juga memberikan wahyu kepada Nabi Daud berupa kitab Zabur pada usia 40 tahun. Nabi Daud wafat pada usia 100 tahun.
R.  Nabi  Sulaiman As
               Nabi Sulaiman adalah Nabi yang dianugerahi Allah mu’jizat berupa paham semua bahasa termasuk bahasa binatang, tumbuhan, jin ,dan syetan. Dan dalam waktu sekejab Nabi sulaiman mampu memindahkan istana Ratu Bilqis.
S.  Nabi  Ilyas As
               Nabi Ilyas As adalah Nabi yang diutus Allah kepada kaum Bani Israil penyembah berhala, ujiannya adalah kaum yang ingkar sehingga Allah mengazab kaumnya dengan kelaparan karena tidak turun hujan selama 3 tahun.
T.  Nabi  Ilyasa  As
               Nabi Ilyasa As adalah Nabi pengganti dari Nabi Ilyas, beliau sangatlah sabar.
U.Nabi  Yunus  As
              Nabi Yunus As adalah Nabi yang diutus Allah kepada kaum Niwana dan memiliki pengalaman ditelan ikan paus.
V.   Nabi  Zakaria  As
               Nabi Zakaria adalah keturunan ke 14 Nabi sulaiman. Beliau diutus oleh Allah untuk menuntun dan mengajarkan kembali syariat Allah pada kaum Bani Israil yang pada saat itu sudah keluar jalur agama yang diperintah oleh Allah..
W.   Nabi  Yahya  As
               Nabi Yahya diperintahkan Allah untuk mengajarkan lima hal yang paling pokok dalam ajarannya yaitu :
·         Menyembah Allah bukan lain, hanya Allah yang patut disembah tidak ada sekutu baginya.
·         Melaksanakan shalat, karena dengan shalat maka hati kita akan selalu bersama allah
·         Berpuasa menahan hawa nafsu
·         Bersedekah
·         Berdzikir,mendekatkan diri kepada yang maha kuasa.

X.   Nabi  Isa  As
               Allah menciptakan Nabi Isa adalah sangat special karena tidak memiliki ayah. Nabi Isa lahir dari seorang gadis suci yang bernama Siti Maryam yang dari kecil sangat terjaga kesuciannya karena Siti Maryam tinggal di masjid yang bernama Baitul Maqdis.
               Adapun mu’jizat Nabi Isa adalah bisa menyembuhkan orang sakit,menghidupkan orang yang sudah mati atas izin Allah.. dapat berbicara dengan kefasihan dan kepandaian yang luar biasa. Mendapatkan makanan dari langit berupa Maidah(hidangan)untuk membantu orang-orang kelaparan.
Y.   Nabi  Muhammad  Saw
               Nabi Muhammad Saw adalah nabi akirul zaman atau Nabi yang terakhir. Mu’jizatnya adalah Al-qur’an. Beliau lahir di kota Makkah pada tanggal 12 Rabiulawal tahun gajah atau 20 April 571 M.
              Nabi Muhammad memiliki sifat-sifat terpuji selama hidupnya,yakni Sidig(benar), Tablig (menyampaikan),Fatonah(Bijaksana), Amanah(Dapat dipercaya). Wahyu pertama yang diterima Nabi Muhammad Saw adalah surat Al-Alaq ayat 1-5. Resmilah Nabi menjadi seorang utusan Allah yang bernama Nabi dengan tugas untuk mengajak dan menuntun manusia ke jalan Allah Swt. Bertepatan dengan tanggal 17 Ramadhan yang sampai kini diperingati sebagai hari Nuzunul Qur’an atau hari turunnya Al-Qur’an.
               Adapun orang-orang yang pertama masuk islam pada zaman Nabi Muhammad Saw adalah keluarga terdekat yang kemudian diberi gelar Assabikunal Awwalun, yaitu:
§  Siti Khodijah, istri Rasulullah
§  Ali bin Abi Thalib, sepupu Nabi
§  Zait bin Haritsah, anak angkat Nabi
§  Abu Bakar Assidiq, sahabat Rasul
§  Ustman bin Affan
§  Sa’ad bin Abi Waqosh
§  Abdurahman bin Auf
§  Thalhah bin Ubaidillah
§  Abi’ Ubaidillah bin Jarroh
§  Fatimah binti Khottob
§  Sa’id bin Zahid Al-‘Adawi
               Nabi Muhammad Saw wafat di usia 63 tahun yaitu pada tanggal 12 Rabiulawwal tahun ke 11 Hijriyah atau bertepatan pada tanggal 8 juni 633 Masehi, detelah Nabi melakukan haji wada dan mendapatkan wahyu terakhir yaitu surat Al-Maidah yang berisi :
        Telah kusempurnakan hari ini agamamu dan telah ku cukupkan nikmatku dan telah ku ridhoi agama islam menjadi agamamu’’ (QS. Al-Maidah:3).



SEJARAH  NABI-NABI  ULUL  AZMI
     Para Rasul yang memiliki julukan Ulul Azmi antara lain:
1.    Nabi  Nuh  As
2.    Nabi  Ibrahim  As
3.    Nabi  Musa  As
4.    Nabi  Isa  As
5.    Nabi  Muhammad Saw.
     Kriteria Ulul Azmi.
          Ada beberapa kriteria yang menjadi acuan untuk mandapatkan gelar ini, diantaranya adalah :
·         Memiliki kesabaran yang tinggi ketika berdakwah
·         Senantiasa memohon kepada Allah agar tidak menurunkan Azab kepada kaumnya.
·         Senantiasa berdoa agar Allah memberi hidayah kepada kaum mereka.
Sifat-sifat Nabi Muhammad Saw yang harus dijadikan Uswatun Hasanah
A.    Kebiasaannya
Rasulullah Saw selalu terlihat seperti orang yang selalu bersedih,senantiasa banyak berfikir,tidah pernak beristirahat panjang,tidak berbicara bila tidak ada keperluan. Kata-katanya penuh mutiara mutu manikam,lemah lembut tidak kasar tidak pula menghina diri,senantiasa membesarkan nikmat walaupun kecil,tidak pernah mencela nikmat apapun atau terlalu memujinya
B.   Keadaannya di Rumah
Rasulullah Saw selalu masuk rumah diawali dengan salam dan jika masuk bertamu,maka beliau akan masuk jika sudah diizinkan oleh tuan rumah. Beliau selalu membuat nyaman keluarga,karena sifat-sifat beliau yang amat sangat penyayang serta lemah lembut.
C.   Keadaannya di Luar Rumah           
Beliau sangatlah ramah terhadap siapapun. Beliau senantiasa memuliakan tamu dan senantiasa menjaga hati orang lain.Beliau selalu membela kebenaran dan menjaga kerukunan antar sesama.
D.   Majlisnya
Rasulullah Saw tidak duduk dalam sesuatu majlis,melainkan beliau berdzikir kepada Allah Swt. Budi pekertinya yang sangat baik dan perilakunya sungguh bijak. Beliau diangap semua orang seperti ayah dan mereka dipandang disisnya,semua sama dalam hal kebenaran,tidak berat sebelah.
E.    Ketika Bersama Sahabat- Sahabatnya
Adapun perilaku Rasulullah Saw pada semua orang selalu sopan santun,periang,tidak pernah kasar,lemah lembut. Dan sangat jelas perilaku Beliau dalam tiga hal berikut ini :
1.    Beliau tidak suka mencela dan menghina orang
2.    Beliau tidak suka mencari-cari kesalahan atau aib orang
3.    Beliau tidak berbicara mengenai seseorang kecuali yang mendatangkan faedah dan menghasilkan pahala.
F.    Ketika Diamnya
Diamnya Rasulullah Saw bergantung kepada mempertimbangkan 4 hal yaitu:
-       Karena adab sopan santun
-       Karena berhati.hati
-       Karena mempertimbangkan sesuatu di antara manusia
-       Karena bertafaktur.
               Seluruh sifat dan perilaku Nabi Muhammad Saw,kesemuanya dapat dijadikan Uswatun Hasanah. Ketika dirumah,diluar rumah,dimajlis,ketika bersama sahabat,ketika duduk bersama orang lain,ketika berjalan, dan bahkan sepanjang hidupnya dapat dijadikan teladan yang baik. Secara ringkas dapat disimpulkan bahwa akhlak beliau adalah manifestasi dari kitab yang dibawanya yaitu AL-QUR’AN.

KONDISI JAZIRAH ARAB SEBELUM KELAHIRAN NABI MUHAMMAD SAW
1.    Peta  Jazirah  Arab
               Wilayah Jazirah Arab memiliki luas kurang lebih sekitar 1:100.000 mil persegi, dan terbagi menjadi 2 bagian yaitu bagian tengah dan bagian pinggir laut atau pesisir. Pada bagian tengah terdiri dari padang pasir sahara yang cukup luas terbagi menjadi 3 bagian yaitu :
a.    Sahara Langit atau Sahara Nufut adalah padang pasir yang sangat gersang karena jarang sekali dibasahi oleh hujan,luasnya memanjang 140 mil dari Utara dan 180 mil dari Timur.
b.    Sahara Ar-Rub’al Khali adalah sahara atau padang pasir yang sangat sepi karena kegersangan dan ketandusannya.
c.    Sahara Harrat adalah suatu daerah yang terdiri dari tanah liat dan berbatu hitam.
2.    Keyakinan Masyarakat Arab Jahiliyah
               Jahiliyah berati kebodohan. Masyarakat Jahiliyah adalah masyarakat dimana penduduknya menganut ajaran sesat. Mereka menyembah :
a.    Makhluk yang tidak terlihat/gaib,seperti Roh,Jin ,dan Hantu.
b.    Berhala adalah patung yang mereka buat dari berbagai macam,ada yang terbuat dari kayu,batu,tembaga,perak,bahkan emas. Berhala yang mereka buat diberi nama seperti :
-       Berhala besar bernama Hubal, berhala ini diletakkan di ka’bah.
-       Berhala Uzza adalah berhala yang berada di Hijaz
-       Berhala Manat adalah berhala yang tetrdapat di Madinah
-       Berhala Latta adalah berhala yang berada di kota Thoif.
c.    Bintang-bintang, mereka beranggapan bahwa bintang adalah sesuatu yang dapat menentukan jalan hidup mereka.
d.    Agama Yahudi adalah agama kitab Taurot yang dibawa oleh masyarakat Bani Israil pengikut Nabi Musa.
e.    Agama Nasrani adalah agama kitab Injil yang dibawa oleh kaumnya Nabi Isa As.
3.    Kondisi  Sosial  Ekonomi
               Kondisi sosial ekonomi masyarakat Arab Jahiliyah,bermatapencaharian pedagang dan bercocok tanam. Pada saat itu di Arab sudah ada pasar yang berfungsi tempat masyarakat dimana mereka yang memiliki kebutuhan hidup dapat melakukan transaksi perdagangan. Pasar tersebut dinamakan PASAR UKAZ adalah tempat dimana orang-orang berkumpul setiap bulan haram,mereka memasang tenda untuk melakukan jual-beli atau tukar-mrnukar barang.
4.    Kondisi  Sosial  Politik  Masyarakat Arab sebelum  Islam
     Bangsa  Arab terdiri dari tiga bagian yaitu :
a.    Bangsa Arab Baidah : Suku bangsa Arab yang sugah punah.
b.    Bangsa Arab Aribah adalah suku bangsa Qothan yaitu penduduk Yaman dan sekitarnya.
c.    Bangsa Arab Mustaribah adalah penduduk Hijaz, Najd dan sekitarnya. Mereka ini adalah keturunan Nabi Ibrahim.
               Suku Quraisy adalah suku yang berasal dari Bangsa Arab Mustaribah. Suku ini memiliki keistimewaan dan terdiri dari pacahan suku-suku.  Diantaranya adalah : Bani Hasyim, Bani Ummayyah, Bani Nauval,Bani Abdud Daar,Bani Asad, Bani Thaim,Bani Makzum, Bani Adiy, Bani Jahm, Bani Salim.
               Pecahan dari suku Quraisy tersebut ada yang mendapatkan kedudukan atau jabatan, seperti :
*      As.Sadanah, adalah pekerjaan menutup dan membuka ka’bah atau disebut dengan Al-Hijabah
*      As-Siqoyah adalah pekerjaan memberi minum terhadap jamaah haji,jabatan ini dipegang oleh Bani Hasyim.
*      Ar-Rifaadah, adalah pekerjaan mengumpulkan dana untuk memberi santunan pada fakir miskin. Jabatan ini di pegang oleh Bani Nauval dan Bani Hasyim.
*      Al-Iqoob atau bendera quraisy adalah jabatan pemegang bendera atau panji-panji ketika berperang melawan musuh. Pemegang jabatan ini adalah Bani Ummayah.
*      An-Nadwah adalah sebuah bangunan tempat bermusyawarah yang dibangun disamping Ka’bah. Pemegang tempat ini adalah Bani Abdid Daar.
*      Al-Qiyadah adalahjabatan pemimpin rombongan,baik rombongan perang atau rombongan peniaga, Jabatan ini dipegang oleh Bani Umayyah.
*      Al-Masyuroh adalah jabatan pemberi konsultasi kepada urusan-urusan yang penting. Tugas ini dijalankan oleh Nabi Asaad.
*      Al-Kubbah adalah tempat dimana mereka mempersiapkan pasukan untuk berperang.
*      Al-Hukumah adalah tempat dimana memutuskan perkara ketika terjadi perselisihan.
*      As-Sarafah adalah duta perundingan bila terjadi perang antar suku. Jabatan yang terakhir dipegang oleh Umar bin Khottob.
               Bentuk pemerintahan pada masa itu adalah kerajaan dan kepala suku atau syekh.
5.    Kebudayaan Masyarakat Arab Sebelum Islam
     Kebudayaan bangsa Arab terbagi menjadi dua , yaitu :
1.    Kebudayaan bangsa Arab yang positif diantaranya adalah : Masyarakat Arab sangatlah menghormati tamu, setia kawan dan sifat pejuangnya yang cukup gigih.
2.    Kebudayaan bangsa Arab yang negatif adalah : Mereka memiliki kebiasaan mabuk-mabukan,berjudi,dan menghina wanita. Diantaranya penghinaan terhadap wanita adalah menguburkan bayi jika bayinya berjenis kelamin wanita.

Instrumen Kisi-Kisi Pertanyaan :

1.  Ada berapakah sifat-sifat terpuji Rasulullah SAW, yang dikenal kalangan umat Islam .

2.  Sifat terpuji Rasulullah salah satunya adalah Tabligh yang dimaksud dengan tabligh adalah:


3.  Sebutkan apa saja Rukun Islam :
4.  Salah satu sifat terpuji Rasulullah adalah Sidiq yang dimaksud dengan sidiq adalah

5.  Ada berapakah rukun Islam :

6.  Ada berapakah Rukun Iman

7.  Siapakah Nabi dan Rasul terakhir yang diutus oleh Allah Swt,:

8.  Nabi memiliki mukzizat yang terkenal dengan bahtera atau kapal bernama nabi ..?


9.  Siapakah Nabi yang memiliki mukzizat dapat berbicara dengan binatang ?

10.  Yang dimaksud dengan fatonah pada sifat rasullullah yaitu :    

11.  Nabi Daud memiliki 19 orang anak salah satunya yang menjadi Rasul Allah yaitu

12.  Wahyu yang diterima Nabi Daud dan disampaikan kepada umatnya adalah  :

13.  Siapakah nabi yang yang diciptakan Allah Swt dari tanah dan disebut sebagai    nabi Pertama ?

14. Siapakan nama ayah nabi Sulaiman As ?


15. Siapakah Nabi yang memiliki Mukjizat ketampanan sehingga mampu menggoyahkan Iman istri raja? 


"Selamat Belajar semoga Menjadi Berkah " Bai Orang Tua Bantu anaknya dalam setiap materi pelajaran di Sekolah


 
Lihat Materi Lainnya di Arsip sebelah kanan "Klik" aja

Comments