TArikh Islam Untuk MDTA Kelas IV



RESUME PELAJARAN TARIKH ISLAM
KELAS IV


ABU  BAKAR  ASH  SHIDDIQ

A.  Riwayat Hidup Abu Bakar
               Silsilah Abu Bakar dari Ayah dan Ibunya bertemu pada kakeknya. Umar bin Ka’ab,sedang dengan Rasulullah bertemu dengan Murrah bin Ka’ab.Beliau lahir tahun 573 M dua tahun setelah peperangan Abrahah yang hendak menghancurkan Ka’bah. Abu Bakar hudup sebagai pedagang. Berkat kepribadiannya yang luhur banyak orang menghormatinya.dan bahkan dengan kepribadiannya itu memberi pertolongan besar bagi kemajuan dagangannya. Kesabaran dan kesetiaannya kepada Nabi Muhammad SAW membuat keyakinan Abu Bakar dalam memeluk Islam semakin kokoh,bahkan keyakinan dan pengakuannya dalam peristiwa Isra Mi’raj membuat ia disebut sebagai Ashiddiq yang artinya orang membenarkan.

B.  Langkah – langkah Kebijakan Abu Bakar
               Setelah Rasulullah wafat, muncullah berbagai kesulitan yang dihadapi dibawah pimpinan Abu Bakar,diantaranya :
1.   Menumpas Nabi Palsu
    Ada 4 orang yang menamakan dirinya sebagai nabi,padahal Islam mengajarkan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah Nabi Akhirizzaman. Keempat orang yang mengaku Nabi itu adalah :
*      Musailamah Al-Kazab dari Bani Hanifah di Yamamah
*      Sajah Tamimiyah dari Bani Tamim
*      Al-Aswad Al-Anshi dari Yaman
*      Tulaihah bin Khuwalid dari Bani Asad di Najed
2.   Memberantas Kaum Murtad
     Berita wafatnya Rasulullah SAW,berakibat menggoyahkan iman bagi orang-orang islam yang masih tipis imannya.Banyak orang menyatakan dirinya keluar dari Islam (murtad),tidak mau shalat dan tidak lagi  membayar Zakat. Abu Bakar berunding dengan para sahabat yang lain dalam menghadapi para kaum Murtad itu. Mereka sepakat menyeru agar bertaubat,jika tidak mau sadar,mereka akan dihadapi dengan menggunakan kekerasan.
3.   Menghadapi Kaum yang Ingkar Zakat
    Zakat adalah salah satu rukun Islam Yang harus ditegakkan. Setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW, banyak diantara kaum muslimin yang pemahaman terhadap hukum Islam belum mendalam dan imannya masih tipis,mereka beranggapan bahwa kewajiban berzakat semata-mata hanya untuk Nabi.   Abu Bakar bermusyawarah dengan dengan para sahabat menghadapi kaum yang ingkar zakat itu. Meskipun keputusan musyawarah tidak bulat,Abu Bakar tetap teguh pada pendiriannya bahwa kewajiban zakat harus dilaksanakan.Mereka yang membangkang harus di perangi.

C.  Jiwa Pengorbanan dan Sifat Kepemimpinan Abu Bakar As-Siddiq RA
Abu Bakar adalah seorang sudagar besar yang berjuang demi Islam,beliau adalah orang muslim pertama menggantikan Rasulullah SAW,dan juga orang pertama dari sepuluh orang yang dijanjikan masuk surga.
Abu Bakar adalah orang yang mengetahui kebenaran dan menjalankannya seperti membelanjakan hartanya untuk kepentingan Islam. Kepemimpinannya yang lembut tetapi tegas mampu membawa Umat Islam ke dalam peradaban yang maju.
 Ketegasannya mampu memberantas kaum yang murtad,memberantas nabi palsu serta menyadarkan kaum yang ingkar pada kewajiban pajak. Beliau juga yang melebarkan wilayah kekuasaan Islam sampai di luar Arab.
Adapun hasil perjuangan Abu Bakar selama memerintah sebagai khalifah yang terpenting dalam sejarah Islam sebagai berikut :
a.    Menumpas kaum Murtad,ingkar zakat dan Nabi palsu yang sengaja merongrong dan merusak Islam.
b.    Membukukan Al-Qur’an yang terpisah-pisah tempatnya dalam sebuah mushaf.
c.    Menyatukan wilayah Arab dibawah panji-panji Islam.
d.    Memantapkan stabilitas yang dinamik dalam pemerintahan Islam di dalam negeri.
e.    Mengawali sukses besar dalam perluasan wilayah diluar wilayah Arab,yaitu di Syam (syiria).

D.  Wafatnya Abu Bakar
          Pada saat pertempuran di Ajnadain negeri Syam berlangsung,khalifah Abu Bakar menderita sakit. Sebelum wafat beliau telah berwasiat kepada para sahabatnya,bahwa khalifah pengganti setelah dirinya adalah Umar bin Khattab. Setelah memerintah selama 2 tahun 3 bulan 10 hari,khalifah Abu Bakar wafat pada tanggal 21 Jumadil Akhir tahun 13 H /22 Agustus 634 Masehi.

UMAR  BIN  KHATTAB

A.  RIWAYAT UMAR BIN KHATTAB
          Umar bin Khattab lahir di Mekkah tahun 538 M, ayahnya bernama Khattab dan ibunya bernama Hantamah,beliau dari Bani Ady. Sejak kecil Umar dididik dengan keras oleh ayahnya sehingga tumbuh menjadi seorang yang pemberani dan ksatria. 

B.  UMAR bin KHATTAB MASUK ISLAM
          Sebelum memeluk Islam Umar termasuk salah satu tokoh kafir Quraisy yang memusuhi Nabi dan pengikutnya. Umar gemar minuman keras,sikapnya terhadap kaum muslimin sangat kasar,terutama terhadap golongan budak.
          Umar bin Khattab berniat ingin membunuh Nabi Muhammad,tetapi Nabi menghadapinya dengan penuh ketenangan dan kedamaian. Karena Nabi yakin,cahaya Islam telah terpancar diantara kedua matanya. Umar bin Khattab yang semula berniat membunuh Nabi Muhammad,ternyata berbalik menjadi pengikut dan pembelanya yang sangat berpengaruh. Umar mengucapkan 2 kalimat Syahadat masuk Islam dihadapan Rasulullah di rumah Al-Arqom bin Abil Arqom pada tahun 616 M.
          Masuknya Umar kedalam barisan Islam sangat mengagetkan kaum musyrikin terutama kaum kafir Quraisy. Bahkan keadaan masyarakat Mekkah dan Umat Islam berbeda dan mengalami perubahan antara lain sbb:
1.   Dahulu orang yang masuk Islam secara diam-diam,sekarang masuk Islam secara terbuka dan terang-terangan.
2.   Dahulu orang beribadah secara sembunyi-sembunyi,sekarang umat Islam berani beribadah secara terang-terangan.
3.   Dahulu kaum muslimin kalau shalat dimalam hari tidak berani melafalkan dengan suara nyaring,sekarang menjadi berani.

C.  UMAR bin KHATTAB MENJADI KHALIFAH
          Dalam bidang kenegaraan,khalifah Umar membentuk dewan-dewan pemerintah serta mengatur tata tertib kehidupan masyarakat Islam. Adapun langkah-langkah kebijakan Umar bin Khattab sebagai berikut:
1.    Penaklukan Persia
2.    Perang Cadesia ( 16 H / 636 M )
3.    Ibukota Madain Jatuh ( 18 H / 639 M )
4.    Perang Nahawan ( 21 H / 642 M )
5.    Persia Jatuh ke Tangan Islam ( 31 H / 652 M )

D.  WAFATNYA  UMAR  bin KHATTAB
          Khalifah Umar bin Khattab pulang ke rahmatullah pada tanggal 26 Dzulhijah 23 H / 3 November 644 M dalam usia 63 tahun. Beliau memegang amanat sebagai khalifah selama 10 tahun 6 bulan ( 13-23 H / 634-644 M ).

USMAN  BIN  AFFAN
1.   Usman lahir di Thaif tahun 576 M. Ayahnya bernama Affan dan Ibunya bernama Urwa. Beliau dari Bani Umayah.
2.   Usman terkenal dengan sifat sangat dermawan.
3.   Usman bin Affan memiliki jasa yang sangat besar terhadap dakwah nabi terutama dengan harta bebdanya.
4.   Usman bergelar “Dzunnuroin’’ yang artinya memiliki dua cahaya.
5.   Perkembangan wilayah Islam pada masa Usman sampai di Cyprus di laut tengah. Panglima perang yang terkenal ketika itu adalah Muawiyah bin Abi Sofyan.
6.   Jasa Khalifah Usman bin Affan bagi dunia Islam sekarang adalah pembukuan mushaf Al-Qur’an.
7.   Usman wafat karena terbunuh dalam suatu peristiwa pemberontakan,akhibat fitnah yang dilontarkan oleh Abdukkah bin Saba. Beliau Wafat pada tahun 656 M setelah memerintah selama 12 tahun. Beliau wafat dalam usia 82 tahun. Sifatnya yang lemah lembut dan berhati sosial telah meninggalkan jasa yang tidak sedikit untuk kepentingan Islam antara lain :
a.   Menyempurnakan pembukuan Al-Qur’an
b.   Merenovasi bangunan masjid Nabawi di Madinah
c.   Membentuk angkatan laut atas usul Muawiyah bin Abu Sofyan.
d.   Membangun gedung-gedung pengadilan,yang semula masjid-masjid
e.   Menumpas pemberontakan seperti di Khurasan dan Iskandariyah.
f.    Membagi wilayah Islam menjadi 10 provinsi yang dipimpin oleh seorang Amir/Wali/Gubernur, meliputi Al Jund Abdullah bin Rabiah, Basra Abu Musa bin Abdullah,Damaskus Usman bin Abil Ash, Shan’a Ja’la bin Munnabik,Taif Sufyan bin Abdullah,Mesir Amr bin Ash,Mekkah Nafi’ bin Abdul Maris, dan Kuwait Mughiroh bin Sya’bah.
g.   Memperluas wilayah Islam meliputi : Amerika, Tripoli, Thabaristan, Harah, Barqoh, Kabul, Ghanzah, dan Turkistan.

ALI  BIN  ABI  THALIB
1.   Ali bin Abi Thalib adalah putra dari Abu Thalib,paman Rasulullah SAW.
2.   Ali adalah suami Fatimah binti Muhammad Rasulullah SAW. Ali bin Abi Thalib sejak kecil tinggal bersama Rasulullah SAW dan yang pertama kali  masuk Islam di kalangan remaja.
3.   Ali bin Abi Thalib sangat berjasa dalam perkembangan agama Islam.
4.   Setelah Usman bin Affan wafat,maka Ali bin Abi Thalib diangkat menjadi khalifah yang keempat.
5.   Pengikut Ali bin Abi Thalib terbagi menjadi dua galangan, yaitu :
a.   Golangan Syi’ah,yaitu orang-orang yang tetap setia kepada Ali bin Abi Thalib.
b.   Golangan Khawarij, yaitu orang-orang yang tidak mengakui Ali bin Abi Thalib sebagai khalifah dan juga tidak mengakui Mu’awiyah bin Abu Safyan sebagai pimpinan.
6.   Khalifah Ali wafat dalam usia 58 tahun.
7.   Utusan Ali diterima oleh Muawiyah,ia memberi jawaban :
·      Ia tidak akan memberi bai’ah,sebelum kematian Usman diselesaikan dengan tuntas.
·      Kalau Ali mengabaikkan pengurusan terhadap pembunuhan Usman,bukan bai’ah yang dilakukan,tetapi Muawiyah akan mengangkat senjata untuk melawan Ali.
8.   Ali bin Abi Thalib mengambil kebijaksanaan,antara lain :
a.    Mengganti para gubernur yang diangkat oleh khalifah Usman. Semua gubernur yang diangkat oleh khalifah Usman banyak yang tidak disenangi oleh kaum muslimin. Adapun gubernur yang diangkat sebagai pengganti adalah :
*      Shal bin Hanif sebagai mgubernur Syria
*      Usnab bin Hany Al-Ashari sebagai gubernur Basrah
*      Qois bin Sa’ad sebagai gubernur Mesir
*      Umrah bin Shihab sebagai gubernur Kufah
*      Ubaidah bin Abbas sebagai gubernur Yaman
b.    Menarik kembali tanah milik negara.
c.     Pada masa khalifah Usman bin Affan banyak para pejabat yang menguasai harta negara. Mereka diberikan berbagai fasilitas oleh khalifah. Banyak diantara mereka yang bergelimangan harta dan bahkan suka merongrong khalifah Usman bin Affan. Pada masa Ali bin Abi Thalib memerintah semua harta yang dianggap milik negara ditarik kembali. Hal ini dilakukan oleh khalifah untuk membersihkan pemerintahan.

KISI-KISI INSTRUMEN PERTANYAAN:

1.  Sifat terpuji Nabi Muhamad Saw, salah satunya adalah Tabligh yang dimaksud dengan tabligh adalah:
2.  Pada Nabi Daud AS, Allah menurunkan kitab suci yang bernama 
3.  Pada masa Nabi Isa As, allah menurunkan Kitab Suci ……..
4.  Pada masa Nabi Musa allah menurunkan kitab suci yang bernama 
5.  Sebutkan empat sahabat nabi :
6.  Sebelum Nabi Muhamad SAW, diutus terkenal dengan sebutan zaman zahiliyah, apakah yang disebut zaman zahiliyah tersebut ?
7.  Dimanakah Nabi Muhamad Dilahirkan ..?
8.  Kehidupan bangsa arab pada zaman zahiliyah masyarakatnya  menyembah…?
9.     Peristiwa penyerangan pasukan bergajah ke ka’bah dipimpin oleh gubernur yaman yang bernama …?
10.  Peristiwa penyerangan Ka’bah oleh pasukan bergajah itu tertulis dalam kitab al-Qur’an surat…
11.  Muhamad Saw  mendapat gelar al-amin karena ?
12.  Ketika Rasulullah Hijrah ke Madinah, ada perjanjian yang dilakukan oleh Rasulullah bersama suku Auz dan Suku Khaj-Raz disebut apakah perjanjian tersebut:
13.  Apa yang dimaksud dengan assabiqunal awalun ..?
14.  yang termasuk kedalam assabiqunal awalun yaitu ..?
15.  Surat atau wahyu apakah yang pertama turun ketika nabi di gua hirak..?
16.  wahyu pertama kali turun pada tanggal :
17.  Terdiri dari  berapa surat dan ayat wahyu Allah dalam alqur’an ...?
18.  jika dirinci turunnya alqur’an dari surat al- makiyah dan surat al-madaniyah berarti selama ..?
A.    22 tahun, 9 bulan, 10 hari
19.  Perjanjian Hudaibiyah dilakukan di Kota :

20.  Kapankah terjadinya perang khondak ..?

21.  Pengertian dari perang khondak yaitu ?

22.  Umar Bin Khatab masuk Islam karena ?

23.  Sebutkan salah satu dari 3 langkah strategi Rasulullah dalam mengembangkan Islam diMadinah yaitu:
24.  Apa gelar yang diberikan Nabi Muhamad untuk Abu bakar…?
                       
25.  Kapan abu bakar as-sidiqh diangkat menjadi Khalifah….?
26.  Apa saja langkah – langkah kebijakan abu bakar as-sidhiq
27.  Apa gelar yang disandang Umar bin Khatab.

28.   Karena kecerdasan berfikir dan mampu membaca kejadian-kejadian yang akan datang maka Umar bin Khatab diberi gelar :
29.  Apa yang dimaksud dengan Dzunnuroin terkait dengan gelar Usman bin Affan

30.  Usman Bin affan wafat karena ..?
31.  Untuk menghitung pertama kali rasulullah hijriyah maka dibuatlah suatu penanggalan cara Islam yang dibuat oleh Umar bin Khatab disebut dengan  ?

32.  Sebelum masuk islam siapakah nama Abu Bakar Assidikh ?
           

33.  Berapa Lamakah abu bakar menjadi khalifah atau memerintah ?
 
34.  Siapakah nama ayah umar bin khatab

35.  siapakah ayah Ali bin Abi Thalib ?

36.  Usman bin affan lahir di Thaif tepatnya pada tahun ?

37.  Umar bin Khattab lahir di Mekkah tepatnya pada tahun ?

38.  Umar mengucapkan 2 kalimat Syahadat masuk Islam dihadapan Rasulullah di rumah ?

39.  Khalifah Ali wafat dalam usia ?



Lihat Materi Lainnya di Arsip sebelah kanan "Klik" aja

“ Selamat Belajar Semoga menjadi berkah “

Comments

Post a Comment