TIPS MENULIS PROPOSAL/SKRIPSI





  Tips Menulis Proposal Skripsi

Mekanisme/Metodologi Penelitian/Penulisan Skripsi
Sebelum  lebih jauh dalam penulisan proposal maupun skripsi ini hendaknya mahasiwa harus memahami langkah – langkah atau prosedur penulisan agar dapat selesai dengan baik dan cepat. adapun yang menjadi langkah-langkah dalam penulisan proposal maupun skripsi sebagai berikut:    
       Obeservasi
Observasi merupakan tahap awal (Pra penelitian) yang dilakukan oleh mahasiswa. Observasi atau melakukan pengamatan lansung dilapangan sama halnya dengan survey pada tempat lokasi penelitian, dengan melihat kondisi situasi tempat penelitian. Hal ini mengkedepankan pemikiran mahasiswa sebagai calon peneliti  yang mampu menjawab pertanyaan seperti, bagaimana situasi dan kondisi tempat penelitian, apa saja yang mereka lakukan, ada apa dilokasi penelitian tersebut, mengapa mereka lakukan hal tersebut, apa dasar hukum pendirian tempat lokasi penelitian dan apa dasar hukum mereka melakukan segala kegiatan organisasi.  

      Temukan Masalah
Dari obervasi yang dilakukan oleh calon peneliti/mahasiswa sudah dapat berasumsi terdapatnya permasalahan atau fenomena yang terjadi pada tempat penelitian yang didukung oleh data atau bukti-bukti tertentu yang mendukung permasalahan tersebut. Dari sini mahasiswa sudah dapat mengidentifikasikan permalahan yang terjadi.  (yang perlu diingat: Peneliti  tidak bisa berasumsi tanpa ada dukungan data atau alat bukti). Dan permasalahan merupakan kesenjangan antara harapan dan kenyataan terjadi.  
  
         Menetapkan Judul Penelitian
Dari observasi yang dilakukan dan permasalahan ditemukan maka calon peneliti sudah bisa menulis yang dimulai dengan latar belakang masalah, ceritakan situasi dan kondisi tempat penelitian sebagi lokus penelitian dan kemudian fokus penelitian pada permasalahan,  selanjutnya penulis /peneliti sudah bisa menetapkan Judul penelitian seperti, analisis Kinerja Organisasi Pada Kantor camat Dumai Timur. Hal ini karena penulis memiliki rasa keinginan tahuannya terhadap  kinerja organisasi pada Kantor Camat Dumai Timur, jadi dapat dikatakan apa alasan penulis untuk mengangkat atau mengambil  judul tersebut, jawabnya yaitu untuk mengetahui kinerja organisasi pada kantor camat Dumai Timur  

·      Tetapkan Gejala Masalah (yang diawali dengan kalimat tanya)
Setelah judul dan permasalahan didapatkan maka tetapkan gejala masalah, buat sesederhana mungkin sehingga pembaca mengerti dan paham apa dimaksudkan  penulis.  

      Tetapkan Rumusan Masalah
Setelah gejala masalah kita dapat kan dan dibuat secara rinci dan masuk akal maka tetapkan Rumusan masalah diawali dengan kalimat tanya seperti : Bagaimana Kinerja Organisasi pada Kantor Camat Dumai Timur Kota Dumai 

        Peroleh Data yang bersumber Dari Data Primer Dan Data Sekunder
Observasi yang telah dilakukan oleh penulis atau peneliti perolehan data bersumber dari responden dengan jalan wawancara, yaitu jenis data Primer dan ini juga diperoleh melalui angket penelitian. Dalam penelitian hasil angket yang berupa tanggapan responden berada pada bab pembahasan.   Selanjutnya data sekunder diperoleh dari pihak objek atau tempat peneltian yang disebut pihak kedua  berupa data susunan pengurus organisasi (keadaan dan komposisi pegawai), data kegiatan yang dilakukan capaian target dan tujuan organisasi tempat penelitian, data sarana prasaran kerja dan data lainnya yang diperlukan yang berhubungan dengan judul dan permasalahn penelitian.

     Tujuan Penelitian
Sangat disayangkan jika seorang penulis/peneliti tidak megetahui tujuan penelitian. Tujuan penelitian  merupakan upaya seorang penulis untuk mengetahui  hasil daripada penelitiannya    

      Kegunaan Penelitian
Kegunaan penelitian berhubungan dengan saran yang kita berikan dari hasil penelitian yang terdapat pada Bab Kesimpulan dan saran. Yaitu untuk dapat memberikan informasi terhadap permasalahan yang kita temukan ketika melakukan penelitian 

     Tentukan Grand Teori
Grand teori merupakan alat ukur atau untuk melakukan pengukuran dari permasalahan  yang mahasiswa temukan. Konsep teori didapat dari pendapat ahli yang telah melakukan penelitian sebelumnya dari hal tersebut teori dikatakan sebagai harapan.
   
       Operasional Variabel Penelitian 
    (Membuat Masing-Masing Sub Indikator Per Indikator).
Operasional Variabel penelitian berada pada Bab Tinjauan Pustaka atau Telaah Pustaka ataupun Tinjauan teori tergantung dari pedoman sekolah tinggi maupun universitas yang ada,  Operasional Variabel penelitian upaya mahasiswa memahami konsep teori yang ada dan menterjemahkan dari setiap indikatornya kedalam sub indikator hal ini juga untuk mempermudah mahasiswa dalam membuat angket penelitian.

       Menetapkan Populasi dan sampel penelitian
Populasi penelitian merupakan keseluruhan elemen atau objek penelitian atau sekumpulan orang-orang secara menyeluruh yang melakukan kegiatan pada tempat lokasi penelitian sedangkan sampel hanya sebagian dari populasi hal ini untuk memudahkan penulis/peneliti untuk memperoleh data dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu, hal ini ditentukan dari teknik pengambilan sampel.

          Lokasi penelitian
Lokasi penelitian merupakan tempat dimana seorang penulis/peneliti melakukan study,  dimana terdapatnya fenomena,  dari hal ini penulis/peneliti diharapkan mampu untuk menjawab kenapa harus memilih lokasi penelitian tersebut ada apa ? kenapa ? ( apa yang membedakan dengan organisasi lainnya,atau apa keisitimewaan yang terdapat pada organisasi tersebut). Yang jelas alasan penulis:  lokasi penelitian merupakan tempat study pemecahan  masalah yang sedang berlansung dengan berbagai fenomena yang terdapat pada Bab I, keistimewaanya yaitu, organisasi tersebut merupakan satuan kerja yang memilki kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat banyak. Mudah memperoleh data sekunder. Kegiatan yang dilakukan tidak memilki kesamaan dengan organisasi lainnya, atau organisasi tersebut berada dilokasi yang sangat strategis di daerah saudara.

       Menetapkan Teknik Pengumpulan Data ( melalui wawancara dan angket)
Teknik wawancara dapat dilakukan ketika observasi dan ketika berbarengan dengan  penyebaran angket penelitian, dari hal tersebut data yang diperoleh dari wawancara dan angket harus kelompokkan dan dibuat secar terpisah. 
       
       Membuat Angket Penelitian
Pedoman angket penelitian diambil berdasarkan indikator dan sub indikator teori yang digunakan pada Tinjauan Pustaka atau Telaah Pustaka ataupun Tinjauan teori. Angket penelitian berupa pertanyaan atau pernyataan  yang akan dijawab oleh responden untuk memperoleh data primer   yang akan dituangkan kedalam Bab Pembahasan.
  
         Menyebarkan Angket
Waktu Penyebaran angket penelitian dilakukan tergantung daripada teknik pengambilan sampel penelitian, untuk teknik sensus atas keseluruhan populasi biasanya dilakukan bisa  dilakukan selama 1 minggu paling lama,  hal ini sangat memungkin karena teknik sensus  sampel yang diambil keseluruhan elemen objek penelitian ditempat lokasi penelitian terlebih jumlah sampel atau responden kurang dari 100 orang.
·      Mengumpulkan Data Hasil Angket Menjadi Lembaran Data, Menganalisa Data Pada Lembaran Data Dengan Metode Atau Teknik Rating Scale atau skala linkert  atau jenis lainnya.
Hasil angket yang berupa tanggapan responden dikelompokan dan dimuat dalam lembaran data penelitian yang kemudian diolah  dan dikelompokan dari masing-masing sub indikator yang kemudian dituangkan dalam bentuk tabel pada Bab Pembahasan. Dari keseluruahn kelompok hasil tanggapan responden tersebut diakumulasi menjadi Tabel Rekapitulasi data yang menjadi hasil penelitian. Dan selanjutnya faktor pendukung dan penghambat  dari kegiatan pada tempat lokasi penelitian.

·      Kesimpulan
Kesimpulan memuat hasil penelitian ( Menyebutkan Hasil Penelitian  Dengan total Skor....?) termasuk faktor pendukung dan penghambat  dan kemudian saran penulis (Diambil Dari Faktor Penghambat)

    Membuat Daftar Pustaka (sesuai dengan penggunaan teori atau pendapat ahli).
Daftar pustaka dibuat untuk memperkuat penulisan peneliti, hal ini dikarenakan setiap argumen yang dikemukan oleh peneliti/penulis  didukung oleh pendapat ahli .

Comments