KEMBALI FITRAH

Makna Hakiki Kembali Fitrah
Oleh: Bambang Sutejo

Gelombang Energi Pencucian Jiwa berujung akan kembali fitrah artinya suci dan tiada noda atau cela, langkah melewati untuk kembali fitrah yaitu:

1. Puasa (shaum / ash-Shyaam)
Dalam surah albaqarah ayat 183 , telah disebutkan bagi orang yang beriman diwajibkan untuk berpuasa, hal ini menunjukan puasa dari bagian untuk mensucikan diri.
Keutamaan dan kedudukan Bulan Ramadhan / Puasa  surat yang sama   Albaqarah ayat 185 Allah swt, menyebutkan Bulan Ramadhan bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Al-qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembela antara hak dan yang bathil, karena barang siapa yang memasuki bulan itu maka berpuasalah.

Puasa merupakan sarana yang baik untuk untuk menyucikan jiwa dan membebaskannya dari kekuasaan insting binatang, jika ia menahan makan dan minum sepertinya ia melakukan aktifitas negatif, padahal sebenarnya itu merupakan aktifitas positif dari jiwa yang sadar, yang bernilai tinggi dalam timbangan kebenaran dan di terima  oleh Allah Swt. 

Dua syarat agar puasa dapat mensucikan jiwa.
  • Puasa harus diiringi dengan iman  dan mengharap pahala (ihtisaab), karena puasa itu ibadah bukan   kebiasaan semata-mata dan mengharap ridho Allah
  • Menjauhkan diri dari perbuatan maksiat,   Puasa diperintahkan oleh Allah Swt, adalah menahan jiwa dari perbuatan maksiat dan meghalanginya dari dominasi hawa nafsu dan syahwat

  Pengaruh Puasa dalam penyucian Jiwa :

  • melatih jiwa untuk menyempurnakan penghambaan kepada Allah
  • memperkuat motivasi dan melatih kesabaran
  • melatih jiwa berjihad melawan hawa nafsu
  • mengenal kadar kenikmatan
Salah satu bentuk kedermawaaan bagi orang-orang yang berpuasa akan memperoleh pahala yang sangat besar adalah memberi makanan buka puasa bagi orang lain yang sedang puasa dan tidak mengutamakan makan untuk dirinya sendiri.


2. Zakat dan Sedekah 

Terdapat 82 ayat dalam alqur'an tentang keutamaan dan kedudukan zakat dan sedekah, seperti yang terdapat dalam surah albaqarah ayat 02:43, surat at-taubah 09:11 , surat al-ahjj 22:41  dan banyak lagi .
Dua syarat agar zakat bisa mensucikan jiwa:
  • Menjauhkan diri dari riya, bangga diri, dan mengunkitnya didepan orang ramai 
  • menafkahkan harta yang dicintai bukan yang tidak disukai dan ia melakukannya dengan rela, tidak karena terpaksa

Dalam surah an-nur 24: 33 disebutkan : berikanlah kepada mereka sebagian harta Allah dari yang dikarunikan -Nya kepadamu, selanjutnya dalam surah al-hadid 57:7, Allah berfirman Dan nafkahkanlah sebagian hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya.


Dilanjutkan dalam surat at-taghaabun 64:15, Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (fitnah) bagimu...

Renungan pembahasan kali ini gelombang energi penyucian jiwa melalui puasa dan zakat , seharusnya orang-orang yang berakal memahami tiga tujuan  zakat yaitu;
1. sebagai ujian untuk megeluarkan sesuatu yang dicintai
2. membersihkan sifat kikir yang membinasakan
3. syukur atas nikmat harta, dimana ia akan mengingat nikmat Allah kepadanya saat ia memberi kepadanya.



Selamat membersihkan Jiwa 
Minal aidin walfizin 1438h






Comments