CARA MENGATASI PENYAKIT AYAM

Info Kesehatan

Cara Mengatasi Penyakit Ayam


Dumai (8 Juni 2017),pada dasarnya jenis unggas ayam memiliki panykit yang sama , seperti berak kapur, Sampo/sampar (dalam bahasa melayu Riau)  sering ngantuk, ngorok hingga mengeluarkan air liur, tentu dalam hal ini sebagai peternak ayam kita merasa gusar apalagi dengan ayam kesayangan.

Berdasarkan pengalaman dan melakukan tanya jawab dengan para peternak ayam di Kota Dumai maka didapat beberapa  ramuan guna untuk kesembuhan ayam yang terkena penyakit.  

Agar tidak terjadi seperti penyakit yang disebutkan diatas dengan ayam kesayanagan atau ayam peliharaan kita   maka gunaka cara sebagai berikut:

1. Ayam Ngorok (ngantuk yang menimbulkan suara ngorok)

Ambil 1 buah mengkudu (pace) yang sudah masak kemudian campurkan dengan 1 gelas air hangat (600ml) , di giling atau dengan cara mengaduk dan melakukan pemerasan hingga rata,  kemudian air perasan tersebut diminumkan kepada ayam yang terkena penyakit ngorok. 

2. Ayam yang berak kapur 

Ambil 1 siung bawang putih dan kunyit ditumbuk hingga rata, kemudian campurkan dengan air hangat 5 sendok makan, selanjutnya berikan kepada ayam yang terkena penyakit tersebut

3. Mengatasi mata ayam bengkak dan berulat

Ambil 1 potong kunyit, dan 1 lembar daun sirih kemudian di giling kedua bahan tersebut lalu campurkan dengan air hangat 3 sendok.
kemudian bahan - bahan tersebut disaring dan ambil airnya dan berikan pada mata ayam lalu tunggu sekita 1 - 2 menit bersihkan mata ayam dengan air hangat.

Ok gan, selamat mencoba semoga sukses sebagai peternak ayam
(R.dinar 2017)  



Penyakit Ngorok Atau Chronic Respiratory Disease ( CDR ) yang telah diungkapkan oleh : Awan TBP pada situs webnya: http://www.jagopacok.com/2014/01/macam-macam-penyakit-ayam-dan-pengobatan.html
  Penyakit Biasa Juga Di Sebut Juga Dengan Chronic Respiratory Disease ( CDR ) atau Mikoplamosis atau Sinusitis atau Air Sac.Penyakit Cronic Respiratory Disease Di Sebabkan oleh Bakteri Microplasma Galisepticum. Biasanya Menyerang Ayam Usia 4-9 Minggu. Penularan Terjadi Melalui Kontak Langsung,Peralatan Kandang,Makan Dan Minum,Manusia,Telur Tetas atau DOC yang Terinfeksi.

Faktor Prediposisi Atau Faktor Pendukung
Kondisi Kandang Yang Lembab
Kepadatan Kandang Yang Terlalu Tinggi
Litter Yang Kering
Kadar Amonia Yang Terlalu Tinggi
 

Cara Penularan
Penularan Penyakit Terjadi Baik Vertikal Maupun Horizontal. Secara Vertikal Dapat Melalui Induk yang Menularkan Penyakit Melalui Telur Dan Horizontal Disebabkan Dari Ayam yang Sakit ke Ayam yang Sehat. Penularan-penularan Tidak Langsung Dapat Melalui Kontak Dengan Tempat Peralatan, Wadah Pakan, Hewan Liar Maupun Petugas Kandang.
 

Gejala Klinis
Ngorok Basah, Adanya Leleran Hidung Lengket Dan Terdapat Eksudat Berbuih Pada Mata, Ayam Suka Mengeleng gelengkan Kepala. Pada Kasus Kronis Mengakibatkan Kekurusan Dan Kekurangan Cairan Bernanah Dari Hidung.


Pengobatan
Pengobatan CDR Pada Ayam yang Sakit Dapat Di Berikan Baytrit 10% Peroral, Mycomas Dengan Dosis 0,5 ml/L Air Minun. Tetracolin Secara Oral Atau Bacytracyn yang Di Berikan Pada Air Minum.
 

Pencegahan
Membeli Ayam Baik Indukan, Pejantan, maupun Anakan yang Benar-terbebas Dari Penyakit CDR. Menjaga Kebersihan dan Tingkat Kelembaban Kandang Dan Area Ayam.


Comments

  1. Berikut 4 ayam yang mempunyai harga termahal di dunia yuk mari di baca

    ReplyDelete
  2. Artikel kamu bagus gan! aku selalu menunggu artikel kamu.. Sebagus artikel ini Inilah Karakteristik Mata Ayam Aduan Terbaik

    ReplyDelete

Post a Comment